Minggu, 25 Desember 2011

Terang di atas kampung Eputobi

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pernahkah anda menyaksikan suatu fenomena alam seperti tampak dalam gambar ini? Itu adalah terang yang muncul pada suatu malam hari di atas kampung Eputobi pada bulan Oktober 2007, yang direkam dengan kamera digital Olympus 3.2 mega pixel. Gambar itu diambil dari halaman rumah keluarga Ata Maran yang terletak di pinggir barat kampung Eputobi, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Terang itu berasal dari suatu benda langit yang menjadi penerang di malam hari. Anda tentu tahu benda langit apa yang dimaksud. Lensa Olympus yang digunakan untuk merekam kemunculannya di atas kampung Eputobi pada malam itu berhasil memperlihatkan pola cahaya dan warnanya yang menakjubkan. Suatu harmoni yang indah terlukis di langit malam.

Gambar itu dibuat ketika sebagian besar warga kampung Eputobi sedang tidur lelap diselimuti kelam malam yang dingin. Jangankan di malam hari, di siang hari pun suasana kampung Eputobi pada hari-hari itu terasa sangat kelam akibat kejahatan yang dilakukan oleh Mikhael Torangama Kelen dan anggota-anggota komplotannya di Blou pada Senin malam 30 Juli 2007. Kejahatan yang mereka lakukan itu menghancurkan harmoni sosial budaya yang terlukis indah dalam halaman-halaman sejarah Lewoingu selama berabad-abad.

Demi membela kejahatan yang mereka lakukan itu, banyak orang ikut tergiring ke lorong yang gelap. Bersama para pelaku kejahatan itu mereka berjalan dalam gelap. Mereka memiliki mata. Tetapi mereka tak mau melihat terang yang muncul dari langit siang dan langit malam. Mereka punya hati. Tetapi hati mereka dibiarkan menjadi gelap gulita untuk menyembunyikan kejahatan yang mereka lakukan itu. Mereka punya akal budi. Tetapi akal budi mereka digunakan untuk merawat dusta demi dusta.

Tetapi terang tetap muncul dari langit untuk menghalau kegelapan itu. Dan biarlah mereka yang tak mau disinari terang itu tetap berjalan di jalan yang gelap gulita hingga tiba pada kegelapan abadi.

SELAMAT NATAL untuk Anda yang mau melihat Terang Ilahi yang datang ke dunia dan mau disinari olehNya. ***