Jumat, 10 Juli 2009

40 Tahun SMP Katolik Pati Beda Lewokluo di Flores Timur

 

Lewokluo adalah nama suatu desa di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Desa itu terletak beberapa kilometer di sebelah timur kampung Eputobi, desa Lewoingu. Di Lewokluo pada tanggal 20 Januari 1969 didirikan suatu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Katolik bernama Pati Beda. Tercatat beberapa nama sebagai pendiri, yaitu bapak Clemens Belang Kabelen yang pada waktu itu menjabat sebagai kepala desa Lewokluo (kini almarhum), bapak Bern. Kopong Hera yang pada waktu itu menjabat sebagai kepala desa Lamika (kini almarhum), bapak Bato Goran yang pada waktu itu menjabat sebagai kepala desa Blepenawa (kini almarhum), bapak Lukas Mete Hayon yang pada waktu itu menjabat sebagai kepala desa Watotika Ile (Wolo-Kawalelo), bapak Hendrikus Hale Mukin dan bapak Petrus Kuda Tobi yang pada waktu itu bekerja sebagai pegawai kantor pendidikan kabupaten Flores Timur.

Pada tanggal 20 Januari 2009, SMP Pati Beda genap berusia 40 tahun. Ulang tahun ke 40 SMP Pati Beda dirayakan melalui serangkaian acara. Acara puncak terjadi pada hari Rabu, 1 Juli 2009, yang ditandai dengan penyelenggaraan seminar pendidikan yang bertema, “Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Pati Beda Dalam Menghadapi Tantangan dan Perubahan Zaman Ke Depan.” Dua pembicara tampil dalam seminar tersebut. Pembicara pertama adalah Ignas Wadan Hayon, Sekertaris  Dinas Pendidikan Kabupaten Flores Timur, yang berbicara tentang “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Flores Timur.” Pembicara kedua adalah Romo Edu Jebarus, Pr yang berbicara tentang “Sekolah Katolik dan Perutusannya.” Acara seminar itu dimoderatori oleh Yakobus Dere Beoang. Acara seminar yang diselenggarakan di Lewokluo itu dihadiri oleh sekitar 150 peserta.

Pada hari Kamis, 2 Juli 2009 diselenggarakan Misa Syukur dengan tema “Bersyukurlah kepada Tuhan sebab DIA sungguh baik.” Misa konseleberasi terdiri 3 orang imam, dipimpin oleh Romo Gabriel Unto da Silva, Vikjen Keuskupan Larantuka. Dua konselebran lainnya adalah Romo Benyamin Dau, Pr kepala SMP Katolik Pati Beda, dan Romo Donce, Pr pastor pembantu paroki Bama. Pastor kepala paroki Bama, Romo Robert, Pr berhalangan hadir karena sedang berada di luar daerah.

Misa Syukur tersebut dimeriahkan oleh paduan suara SMP Katolik Pati Beda, yang didirigeni oleh dua orang siswi secara bergantian. Misa yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 waktu setempat itu dihadiri sekitar 750 orang.

Usai Misa Syukur diselenggarakan acara resepsi yang berlangsung dari pukul 11.30 hingga pukul 15.00 waktu setempat. Acara resepsi dihadiri oleh bupati kabupaten Flores Timur, Simon Hayon, camat Demong Pagong, para kepala desa di daerah Demong Pagong, para tokoh umat, dan para tokoh adat, para guru, para siswa-siswi yang bersangkutan, para warga masyarakat, dan alumni.

Dalam acara hiburan disuguhkan tarian Betu’ pute, Ame lereng, dan Tane hoe yang bersumber dari budaya dan adat setempat. Tarian tersebut dibawakan oleh 11 orang siswi SMP Pati Beda, diiringi 5 orang penyanyi dan dua penabuh gendang. Dalam perlombaan seni budaya di Larantuka beberapa waktu lalu tarian ini berhasil tampil sebagai juara 3 tingkat kabupaten Flores Timur.

Sesudah resepsi diadakan acara Temu Kangen, yang berlangsung dari pukul 15.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Dalam acara ini berhasil dibentuk “Gerakan Cinta Almamater” dengan nama IKATAN ALUMNI SMPK PATI BEDA LEWOKLUO yang disingkat dengan IKAL SMPK PATI BEDA LEWOKLUO. Pengurusnya terdiri dari bapak guru Agus Naya Goran, Yosef Malik Lein (aktivis LSM Wahana Visi Indonesia di Flores Timur), bapak guru Valentinus Malik Lein (guru SMAK Frater Podor-Larantuka), dan bapak Mikhael Lawe Hera (pegawai Kecamatan Demong Pagong di Lewokluo). Anggotanya terdiri dari semua alumuni SMPK Pati Beda. Dalam kesempatan itu berhasil dikumpulkan dana awal sebesar Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Dari 66 peserta ujian nasional 2009, 62 orang siswa-siswi SMPK Pati Beda dinyatakan lulus. Empat orang tidak lulus ujian nasional 2009. Jumlah murid SMPK Pati Beda mencapai angka 200.

Nama-nama kepala sekolah SMPK Pati Beda sejak 1969 hingga kini adalah sebagai berikut:

1. Bapak Mikhael Pain Beribe

2. Bapak Plasidus Nuba Ata Maran

3. Bapak Petrus Pama Tukan

4. Bapak Anton Ada Lein

5. Bapak Bartolomeus Tulung Ruing

6. Bapak Petrus Pora Dalu

7. Baak Andreas Kumanireng

8. Bapak Benyamin Weter

9. Bapak Patrisius Boli

10. Romo Benyamin Dau, Pr

 

Alamat sekolah adalah SMP Swasta Katolik Pati Beda di Lewokluo, Kecamatan Demong Pagong, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. ***